Senin, 12 Maret 2012

Pengantar Teknologi Game

Pengertian Game

“game” yang berarti permainan.
Computer game berbeda dengan jenis game yang lain karena tidak ada pergerakan secara fisik atau interaksi langsung dengan object kecuali lewat perantaraan komputer. Software yang dibuat harus dapat menangkap reaksi yang cepat dari interaksi yang dihasilkan dengan pemain. Karena itu software untuk computer games harus bersifat real time. Kompleksitas game adalah bergantung dari kemampuan merepresentasikan aturan dan lingkungan game dalam program yang dibuat.

Hal - hal yang dibutuhkan untuk menjadi pembuat game antara lain :

1.      Keinginan
2.      Daya Khayal
3.      Menentukan genre permainan, misalnya

    Berdasarkan genre permainannya :

-          Aksi – Shooting
-          Fighting ( pertarungan )
-          Aksi – Petualangan
-          Petualangan
-          Simulasi, konstruksi dan manajemen
-          Role playing
-          Strategi, game jenis ini terbagi atas :
        1. Real time strategy
        2. Turn based strategy
-          Puzzle
-          Simulasi kendaraan


    Kategori lainnya :

-          Multiplayer Online
-          Casual games
-          Edugames
-          Advergames

4.      Software yang dibutuhkan untuk pembuatan game, antara lain :

-          The 3D Gamemaker
-          3D RPG BUILDER
-          Game Maker
-          RPG Maker
-          FPS Creator
Dari macam – macam Software yang ada di atas kita bisa simpulkan bahwa dalam membuat sebuah game kita dapat menggunakan beragam bahasa pemrogramaan tergantung dari jenis game yang akan di buat itu sendiri

Tahap pembuatan game :

1.       Pre-production
2.       Production
3.       Testing (pengujian)
4.       Penyelesaian
5.       Pemeliharaan
6.       Durasi

Artificial Intelligence (AI) dalam Game

Salah satu unsur yang berperan penting dalam sebuah game adalah kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan buatan, elemen-elemen dalam game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya manusia.
Game AI adalah aplikasi untuk memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan baik sebagai lawan, ataupun karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan tetapi tidak ikut bermain (NPC~ Non Playable Character).
Peranan kecerdasan buatan dalam hal interaksi pemain dengan permainan adalah pada penggunaan interaksi yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia untuk berinteraksi dengan sesama manusia. Contoh media interaksi ialah :

-          Penglihatan (vision)
-          Suara (voice), ucapan (speech)
-          Gerakan anggota badan ( gesture)


Penggolongan User / Pangsa Pasar Game
Dalam setiap game yang dirilis, biasanya dicantumkan pemberitahuan mengenai batasan umur pemain dari game tersebut. Pemberitahuan ini disimbolkan dengan logo-logo sebagai berikut :

- EARLY CHILDHOOD
Simbol eC (Early Childhood) berarti game yang boleh dimainkan oleh anak berumur 3 tahun keatas. Tidak ada materi yang perlu dikhawatirkan.




- EVERYONE 

Simbol E (Everyone) berarti game tsb cocok untuk anak berumur 6 tahun keatas. Isinya mungkin berisi sedikit kartun, fantasi atau sedikit kekerasan.




- EVERYONE 10+

Simbol ini berarti game yang cocok untuk 10 tahun keatas. Didalamnya ada lebih banyak unsur kartun, fantasi, sedikit kekerasan atau sedikit bahasa kasar dan atau sedikit bersifat mempengaruhi.


- TEEN

Simbol ini menunjukkan bahwa game hanya cocok untuk anak 13 tahun keatas. Didalamnya mungkin berisi kekerasan, hal - hal yang bisa mempengaruhi, humor kasar, sedikit darah, simulasi perjudian dan atau bahasa yang kasar

- MATURE

Simbol ini menunjukkan bahwa game hanya cocok untuk 17 tahun keatas. Didalamnya mengandung banyak kekerasan dan darah, berbau seks dan atau kata-kata kasar.



- ADULTS ONLY

Simbol ini berarti game ini hanya cocok untuk 18 tahun keatas. Didalamnya mengandung adegan kekerasan berkepanjangan dan atau seksual dan ketelanjangan.



- RATING PENDING


Game yang belum memiliki rating sehingga para orang tua harus menghindari membeli game ini kepada anaknya atau melakukan survey sendiri.

4 komentar:

  1. informasi yang sangat bermanfaat mas, kebetulan saya ada tugas softskill tentang teknologi game, terima kasih ilmunya mas.. ^^

    BalasHapus
  2. sama - sama mas, senang bisa membantu :D

    BalasHapus
  3. Keren, Gan, apalagi kalo ada contoh game-nya di masing-masing kategori rating deh!

    BalasHapus